WISATA ALAM SITUS GUNUNG PADANG





Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Tempat ini memang cocok buat foto foto. Meskipun memerlukan perjuangan untuk mendaki ke situs gunung Padang ini. Dengan ketinggian 855m & luas komplek kurang lebih 990m².







Pengunjung Situs Gunung Padang dapat mencapai puncak gunung dengan melalui dua jalan utama yaitu sebuah anak tangga yang mempunyai tinggi sekitar 95 meter, jalan yang pertama adalah dengan menapaki anak tangga berbahan dasar batu alam dengan kondisi yang terjal, dan yang kedua adalah menaiki anak tangga yang terbuat dari semen dan pasir yang relative lebih aman.

Namun biasanya para pengunjung kebanyakan lebih memilih alternative yang pertama, dengan melalui anak tangga yang berbahan dasar batu alam, karena dengan melalui jalur ini pengunjung bisa menemukan sebuah sumur kecil yang dipercaya dapat membuat awet muda bila membasuh muka atau bahkan meminum air dari dalam sumur.











Selama perjalanan menuju puncak Situs Gunung Padang pengunjung akan disuguhi panorama alam yang begitu indah, yaitu pemandangan lima gunung yang mengelilingi Situs Gunung Padang diantaranya Gunung Pasir Buluh, Gunung Karuhan, Bukit Ciwangun, Gunung Batu dan Gunung Gede, dari sisi sebelah barat pemandangan juga tidak kalah indahnya, disisi barat terlihat Sungai Cipanggulaan dan Lembah Cihandeleum.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Gunung Padang mempunyai 5 tingkatan atau undakan sehingga bisa disebut sebagai punden berundak. Pada tingkatan ke 5 ada satu lokasi bernama Sunan Ibu Sunan Rama yang bila diterjemahkan mempunyai arti ibu pertama bapak pertama yang berarti manusia pertama di muka bumi, laki-laki dan perempuan yang kemudian melahirkan umat manusia, seperti layaknya kisah Adam dan Hawa.

Oleh warga setempat, situs Gunung Padang awalnya dikeramatkan dan dianggap sebagai tempat Prabu Siliwangi membangun istana. Namun belakangan, keyakinan itu berubah. Sebab, berdasarkan penelitian, situs tersebut merupakan peninggalan kebudayaan megalitikum.

Meski diteliti dari beragam sisi dan oleh berbagai kalangan, Gunung Padang masih menjadi misteri. Misalnya terkait dengan usia. Konon, situs tersebut lebih tua dibanding piramida di Mesir, yang ada sejak 2.500 SM. Kemudian juga soal ruang di 'perut' Gunung Padang yang disebut-sebut buatan tangan manusia.

Selamat menjelajah Situs Gunung Padang dan tetaplah menjaga kelestariannya, jangan pernah mengubah, mengambil atau mengotori apa yang telah ada di wilayah Situs Gunung Padang. Karena bisa jadi Situs ini adalah memang petunjuk mengenai peradapan manusia di masa lampau dan warisan budaya yang dimiliki negara kita.

Jangan lupa mampir ke :
www.norekku.blogspot.com
www.cikalperintis.com


Comments